About Us

Opendataextractive.com presents open information and data from the Extractive Sector

Our Mission

Website opendataextractive.com menyajikan informasi dan analisa data penerimaan dan belanja dari sektor ekstraktif (migas & minerba), serta analisa pola anggaran pemerintah daerah. Melalui website ini, kami berharap masyarakat umum dan pemangku kepentingan lainnya bisa mendapatkan gambaran mengenai industri ekstraktif dan dapat turut serta mengawasi. 

Data yang digunakan dalam website ini berasal dari laporan tahunan EITI Indonesia, data resmi LKPP, data dari instansi pemerintah terkait, laporan masyarakat, serta hasil penelurusan koalisi PWYP Indonesia. 


Why Open Data?

Open data is a condition in which data is available for free access; can be used, analyzed, and shared; contained in a format read by machine tools.
We believe open data provides more opportunities in maximizing the use of data, fast, and directed. Open data also increases the active participation of the community.

What We Offer?

Website ini menyediakan 5 (lima) jenis fitur yang bisa anda manfaatkan: 

  1. Data penerimaan negara dari sektor ekstaktif berdasarkan pada laporan EITI Indonesia.
  2. Data pola belanja pemerintah daerah berdasarkan urusan untuk melihat porsi belanja daerah terhadap pelayanan dan kebutuhan dasar
  3. Laporan terkait pemantauan dan pengawasan operasional industri ekstraktif
  4. Fitur komparasi berbagai jenis data penerimaan dan anggaran antar daerah
  5. Peta spasial penggunaan lahan untuk sektor kehutanan dan minerba

Kami juga membuka kerjasama dengan berbagai pihak yang ingin memanfaatkan data industri ekstraktif, mulai dari data geek, peneliti dan akademisi, private sector, pemerintah pusat dan pemerintah daerah, masyarakat umum, dan pemangku kepentingan lainnya.