PENERIMAAN

Informasi analisa besaran penerimaan negara berdasarkan laporan EITI (Extractive Industries Transparency Initiative)

Standard Baru EITI 2013

Standard Baru EITI 2013

Sumber ilustrasi: courtreportingnyc.com

Extractive Industry Transparency Initiative (EITI) diperkenalkan pada tahun 2002 oleh PM Inggris Tony Blair saat World Summit on Sustainable Development di Johannesburg, September 2002. Setelah 1 dekade, EITI terus mengalami evolusi baik dari sisi peraturan dan standar.

Gambar: Perkembangan Standar EITI

(sumber: bahan presentasi EITI Standard oleh Fabby Tumiwa)

Standar ini telah mengalami perubahan sebanyak 5 kali sejak 2003 hingga kini. Perubahan-perubahan tersebut dimaksudkan untuk memperkuat pelaksanaan dan dampak pelaksanaan EITI di negara yang mengimplementasikan inisiatif ini. Standar EITI terbaru (2013) memberikan jaminan transparansi dan akuntabilitas yang lebih menyeluruh pada tiap nilai rantai industri ekstraktif. 

Gambar: Ilustrasi Standar Baru EITI 2013

(sumber: Standard Baru EITI diolah kembali oleh PWYP Indonesia)

Standar 2013 yang terbaru berisi poin-poin mengenai informasi kontekstual dimaksudkan untuk membuat laporan EITI lebih mudah dimengerti, lebih relevan di tiap negara, memiliki tingkat keterbukaan informasi yang lebih baik dan akurat, dan memiliki perangkat aturan yang lebih jelas. Di dalam standar baru ini juga, terdapat informasi yang diwajibkan (required) untuk dibuka di setiap laporan EITI dan informasi yang masih dalam status disarankan (encouraged)untuk dibuka. [Dewi Andini]