OPEN DATA EKSTRAKTIF

Mendorong Tata Kelola Ekstraktif yang Baik Melalui Data Terbuka

OPEN SPASIAL

Mendorong Perbaikan Tata Kelola Industri Ekstraktif
Berbasis Hutan dan Lahan

Open Data Anggaran

Mendorong Anggaran yang Berkeadilan Melalui Data Terbuka

Awasi

Mendorong Partisipasi Publik dalam Pengawasan Sektor Ekstraktif

/

Open Data Sektor Ekstraktif

Sektor ekstraktif (pertambangan, minyak dan gas bumi) memberikan kontribusi besar terhadap perekonomian nasional, baik melalui penerimaan pajak dan non pajak, termasuk efek ekonomi lainnya. Sayangnya, sektor ini dipandang memiliki tingkat keterbukaan data dan informasi yang masih rendah, mulai dari proses perijinan, operasional, besaran penerimaan, hingga penggunaannya. Tanggung jawab kita bersama sebagai pemilik sumber daya alam untuk tahu dan ikut mengawasi sektor ini.

Penerimaan & Belanja Industri Ekstraktif

Penerimaan & Belanja Industri EkstraktifPenerimaan & Belanja Negara dari Sektor Ekstraktif

Data penerimaan diambil dari Laporan Extractive Industry Transparency Initiative (EITI) periode 2009-2011. Laporan EITI memberikan detail berbagai jenis pembayaran per perusahaan. Pendapatan dari sektor ekstraktif diharapkan dialokasikan untuk membiayai urusan utama terkait pemenuhan pelayanan kebutuhan dasar. Analisa anggaran daerah berdasarkan urusan menunjukkan masih banyak daerah yang memberi porsi kecil untuk pemenuhan layanan dasar.

Kontrak dan Perizinan

Kontrak dan Perizinan Alokasi Penggunaan Anggaran Daerah

Keuntungan dari sektor ekstraktif diharapkan digunakan pemerintah untuk membiayai urusan-urusan utamanya terkait pelayanan dan kebutuhan dasar. Analisa terhadap anggaran daerah berdasarkan urusan menunjukkan masih banyak daerah yang memberikan porsi kecil untuk layanan dasar

Monitoring Masyarakat

Monitoring MasyarakatLaporan Pengawasan Sektor Ekstraktif

Industri ekstraktif tersebar di seluruh wilayah nusantara yang umumnya terpencil dengan akses yang sulit dijangkau. Hal ini menyebabkan pemantauan menjadi sulit, apalagi dengan keterbatasan jumlah sumber daya pemerintah. Masyarakat merupakan asset strategis untuk mengawasi industri ekstraktif yang hidup berdampingan dengan wilayah pertambangan.